Menteri PU Resmikan Tol JORR W2 Utara (Ciledug-Ulujami)

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto meresmikan pengoperasian Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) W2 Utara (Kebun Jeruk-Ulujami), Segmen Ciledug-Ulujami (21/7).

Seperti diketahui, Jalan Tol JORR W2 Utara terbagi atas 2 (dua) seksi, yaitu Seksi Kebon Jeruk – Joglo dan Seksi Joglo – Ulujami. Jalan Tol JORR W2 Utara Seksi 1 dan sebagian dari Seksi 2 telah diresmikan pada tanggal 27 Desember 2013.

”Meskipun Segmen Ciledug – Ulujami hanya sepanjang 2,14 km namun segmen ini mempunyai peranan yang sangat penting, karena dengan selesainya pembangunan ini maka akan melengkapi jaringan jalan Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road (JORR)) dari Rorotan di kawasan timur Jakarta sampai dengan Penjaringan sehingga dapat langsung menuju Bandara Soekarno-Hatta,” tutur Menteri PU dalam sambutannya.

Djoko menambahkan, Jalan Tol JORR merupakan bagian dari jaringan jalan di Jabodetabek yang menghubungkan beberapa ruas jalan tol, yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Jagorawi, Jalan Tol Jakarta-Tangerang, dan Jalan Tol Soedyatmo, serta merupakan alternatif dari Jalan Tol Dalam Kota Jakarta.

”Dengan beroperasinya Jalan Tol JORR W2 Utara secara keseluruhan, kami yakin jalan tol ini akan memberikan konstribusi yang cukup besar dalam mengurangi kepadatan lalu lintas pada jalan yang telah ada, khususnya pada Jalan Tol Dalam Kota Jakarta. Karena mulai hari ini, para pengguna jalan yang dari dan menuju Bekasi, Bogor, Tangerang, dan Bandara Soekarno-Hatta dapat menggunakan jalan tol ini tanpa harus melewati Jalan Tol Dalam Kota Jakarta,” tambah Menteri PU.

Jalan Tol JORR W2 Utara merupakan salah satu kegiatan Kementerian PU yang dibiayai dengan Skema Private Public Partnership (PPP)/Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jaringan jalan di wilayah Jabodetabek.

Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dari Jalan Tol JORR W2 Utara adalah PT. Marga Lingkar Jakarta. PT. Marga Lingkar Jakarta merupakan salah satu perwujudan dari kerjasama antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Propinsi DKI Jakarta, komposisi saham dari PT. Marga Lingkar Jakarta dimiliki oleh BUMN dan BUMD, yaitu PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. sebesar 65% dan PT. Jakarta Marga Jaya sebesar 35%.

Jalan Tol JORR W2 Utara total panjangnya 7,87 km. Secara total investasi, proyek ini membutuhkan biaya investasi lebih dari Rp. 2,2 trilyun, dimana 70% dari total investasi tersebut dibiayai melalui pinjaman dari Bank Mandiri dan Bank DKI.

Berdasarkan Keputusan Menteri PU No. XX/KPTS/M/2014 tanggal XX Juli 2014 dan sesuai dengan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Ruas JORR W2 Utara, telah ditetapkan bahwa besaran tarif tol Jalan Tol JORR W2 Utara sama dengan tarif tol Jalan Tol JORR yang telah beroperasi, yaitu untuk kendaraan Golongan I sebesar Rp. 8.500,-, dan dioperasikan dengan sistem transaksi terbuka serta terintegrasi dengan Jalan Tol JORR.

Dengan demikian tol JORR yang telah beroperasi saat ini adalah sepanjang 53,24 km, terdiri dari JORR Seksi S (14,25 km), W2 Selatan tahap I dan II (5,72 km), E1 Selatan (4,48 km), E1 Utara Seksi 3 dan 4 (8,1 km), E2 (9,07 km), E3 (3,75 km) dan terakhir diresmikan W2 Utara Seksi I dan II (7,87 km). (nrm)

Pusat Komunikasi Publik 210714