Indonesia Tuan Rumah 24th EAROPH World Congress

East Regional Organization for Planning and Human Settlement (EAROPH) adalah organisasi multi sektoral non pemerintah terafiliasi dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Organisasi tersebut didirikan untuk mendorong pertukaran wawasan dan pengalaman di antara negara-negara di kasawan Asia Pasifik. Negara – negara yang menjadi anggota EAROPH antara lain Jepang, Indonesia, Korea Selatan, Australia, India dan Bangkok.

Tahun ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah 24th EAROPH World Congress dengan mengambil tema “Towards Resilient and Smart Cities: Innovation, Planning and Determination in Managing Major Cities of the World”. Konferensi dunia ini memberikan peluang kepada para pemimpin kota dan pemangku kepentingan untuk saling bertukar pengalaman terutama dalam mewujudkan kota yang layak huni dan berkelanjutan di dunia.

Konferensi ini juga mengajak para praktisi, pemerintah, akademisi dan pemerhati perencanaan untuk mencari cara baru dalam mengelola perkotaan di masa depan. Diharapkan dari konferensi ini akan muncul gagasan-gagasan segar, baik di tingkat konseptual maupun praktis, tentang pengelolaan kota yang berbasis teknologi dan berketahanan. Konferensi tersebut, lanjutnya, juga akan menjadi media tukar pengalaman antarpelaku pembangunan, khususnya sejumlah walikota terkemuka.

Wakil Menteri PU Hermanto Dardak menegaskan, Indonesia sebagai bagian penting sistem kota-kota regional memberikan komitmen untuk mendukng usaha-usaha nyata dalam perencanaan dan pembangunan kota yang berketahanank SMART, serta membangun dialog bagi pengambil kebijakan untuk mendesain kebijakan pembangunan kota berkelanjutan.

Sementara itu, Direktur Perumnas Himawan Arief Sugata mengatakan bahwa aspek penyediaan perumahan layak dan nyaman merupakan kunci keberhasilan agenda ini.

DKI Jakarta dijadwalkan menjadi tuan rumah kongres internasional pembenahan kawasan permukiman perkotaan agar lebih layak, 10-13 Agustus 2014.

"Kongres ini diharapkan menghasilkan terobosan baru yang dapat menjadi referensi bagi para wali kota dalam menyusun prioritas programnya ke depan," kata Chairman Indonesian Chapter EAROPH Bernardus Djonoputro.

Dalam pertemuan pemangku kepentingan kota dunia itu juga akan dilansir Indonesia Most Livable City Index oleh IAP, serta juga akan menghadirkan Kaukus Walikota. Direncanakan, pemimpin kaukus walikota dalam Kongres Earoph ke-24 itu adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Kaukus walikota itu direncanakan akan menghasilkan sikap pandangan dan posisi para walikota dalam tata kelola kota-kota menuju kota pintar dan berketahanan. (ind)

Pusat Komunikasi Publik 080814