PU Selesaikan Pekerjaan Utama Jalur Lebaran H-30

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) telah menyelesaikan pekerjaan utama dan menarik seluruh alat berat dari badan jalan sejak H-30 menjelang Lebaran. Demikian dikatakan oleh Wakil Menteri PU Hermanto Dardak, kemarin (16/7) dalam Dialog dengan salah satu TV swasta.

“Walau begitu, ada wilayah yang rawan bencana banjir, seperti di Pantura kemarin karena intensitas hujan tinggi, maka PU tetap siap untuk penanganan-penanganan darurat, harus dijaga tempat-tempat rawan tadi, ini yang sifatnya pekerjaan lebih rutin, penambalan, atau di tempat terntentu misalnya penurunan jembatan, tapi pekerjaan utamanya sudah selesai,”jelas Hermanto.

Hermanto juga menuturkan bahwa jalur mudik tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Dikarenakan sejak H-30 sudah tidak ada lagi pekerjaan besar di jalan-jalan utama, sehingga melancarkan aktivitas truk-truk yang melintas. Namun demikian, masih terdapat aktivitas yang dilakukan di tempat tertentu, seperti Cikampek – Palimanan, Titik Cikopo maupun di titik Palimanan, namun hal tersebut tidak terlalu signifikan.

“Kalaupun memang ada gangguan kita minimalkan, H-10 pekerjaan yang sifatnya di luar badan jalan tapi sifatnya bisa mengganggu itu juga kita hentikan,”lanjutnya.

Untuk meratakan jalur mudik lebaran Kementerian PU memfokuskan pada jalur jalan yang mengalami kenaikan cukup signifikan, seperti Pantura sebagai jalan utama namun tetap disiapkan jalur alternatif. Sedangkan untuk pekerjaan peningkatan kapasitas, seperti pelebaran jalan contohnya dari Jakarta sampai dengan Kudus sudah 4 lajur. Kemudian untuk tol, sebelum lebaran ini, rencananya dari Tol Kebon Jeruk sampai Tol Pondok Indah kan dibuka sehingga akses menuju Bandara Soekarno – Hatta bisa lebih cepat.

Wakil Menteri PU mengakui masih terdapat beberapa hambatan yang harus dikoordinasikan dengan pihak lain. “Seperti di Simpang Jomin, masih tinggi kapasitasnya karena belum selesai tol ke Cikopo, sehingga masih keluar ke Simpang Jomin, upaya kita mengatur bersama dengan Polantas dan Kementerian Perhubungan untuk majemen lalu lintas agar kemacetan bisa diurai, pesan saya agar para pemudik ikutin aturan, dan masyarakat sekitar jalan mudik ini menikmati perjalanan dengan wisata kulinernya,”tutup Hermanto.(dnd)

Pusat Komunikasi Publik 170714